Tanda dan Penyebab Perbedaan Keputihan Normal dan Abnormal

Tanda dan Penyebab Perbedaan Keputihan Normal dan Abnormal,- Keputihan bukan hanya terjadi pada masa peremajaan atau pubertas saja, tetapi bisa terjadi juga pada ibu hamil. Pada awal kehamilan dua trimester pertama, biasanya keputihan normal dapat ditandai dengan lendir putih tebal, jelas dan berbau ringan, di mana ini sering dikenal sebagai “leucorrhea”

Tanda dan Penyebab Perbedaan Keputihan Normal dan Abnormal

Tanda dan Penyebab Perbedaan Keputihan Normal dan Abnormal

Sedangkan gejala keputihan abnormal pada ibu hamil, hal ini sering disebabkan oleh bakteri atau infeksi seperti ragi vagina. Gejala infeksi jamur vagina  dapat meliputi warna keputihan dengan hijau atau kekuningan, gatal dan bau yang tidak biasanya.

Keputihan dapat mengalir sepanjang siklus menstruasi seorang wanita karena adanya fluktuasi kadar hormon. Begitu anda hamil, hormon terus berperan dalam perubahan keputihan Anda. Perubahan pada serviks selama kehamilan juga dapat mempengaruhi keputihan. Saat leher rahim dan dinding vagina melembut, tubuh menghasilkan cairan berlebih yang berperan untuk mencegah dari serangan infeksi. Kepala bayi juga dapat menekan serviks saat Anda mendekati hari kelahiran, sehingga mengakibatkan keputihan yang meningkat.

Setiap perubahan dalam keseimbangan vagina bakteri dapat mempengaruhi tekstur bau, warna atau pelepasan dari keputihan. Inilah beberapa hal penyebab yang dapat menganggu keseimbangan dari keputihan, termasuk ;

  1. Penggunaan antibiotik atau steroid
  2. Bakteri vaginosis
  3. Pil KB
  4. Kanker serviks
  5. Klamidia atau gonore ( PMS ), infeksi menular seksual
  6. Diabetes
  7. Douches, sabun wangi atau lotion bahkan mandi busa
  8. Infeksi panggul setelah operasi
  9. Penyakit radang panggul (PID)
  10. Trichomoniasis , infeksi parasit biasanya dikontrak dan disebabkan oleh hubungan seks tanpa kondom
  11. Atrofi vagina, penipisan dan pengeringan dari dinding vagina saat menopause
  12. Vaginitis, iritasi pada atau di sekitar vagina

Kelenjar di dalam vagina dan serviks biasanya membuat sejumlah kecil cairan yang mengalir kelaur seperti keputihan setiap hari dengan membawa sel tua. Di mana hal ini adalah cara tubuh untuk menjaga kesehatan dan kebersihan dari vagina. Dengan pembuangan yang biasanya bening seperti susu atau tidak berbau normal. Warna dan ketebalan debit dapat berubah saat siklus bulanan maju karena lebih tebal saat wanita berovulasi

(* Baca Juga : Khasiat Rebusan Daun Sirih Untuk Keputihan

Keputihan adalah campuran dari cairan, sel dan bakteri yang melumasi dan melindungi vagina. Cairan ini terus-menerus diproduksi oleh sel² vagina dan leher rahim , kemudian keluar dari tubuh melalui lubang vagina. Komposisi, jumlah dan kualitas debit dapat bervariasi antar individu maupun melalui berbagai tahap perkembangan seksual dan reproduksi.

Pelepasan abnormal dapat terjadi pada sejumlah kondisi, termasuk infeksi dan ketidakseimbangan dalam flora atau pH vagina. Keputihan abnormal mungkin juga tidak diketahui penyebabnya. Bila terjadi pelepasan abnormal dengan terbakar, iritasi, atau gatal pada vulva, itu disebut vaginitis.

Itulah sedikit ulasan mengenai Tanda dan Penyebab Perbedaan Keputihan Normal dan Abnormal, semoga informasinya bermanfaat..

Post By, Resep Obat Keputihan Untuk Bumil

Tanda dan Penyebab Perbedaan Keputihan Normal dan Abnormal

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s